TV sharp gejala protek matitotal,R750 selalu terbakar

Lagi-lagi dapat garapan tv sharp batique 21inch dengan gejala,protek matitotal.
Kata yang punya tv saat membawa tv nya kesini,tv nya bekas dari tuser lain,alasannya karena sudah berbulan2 belum juga bagus akhirnya pemilik tv mengambil tv nya kembali dan membawanya kesini....
Saya tanya,gejala awalnya kenapa?
"abis kena petir"kata yang punya tv.
"tapi kok tukang service nya nyerah ya.....????

Setelah pembongkaran,terlihat banyak bekas solderan sana sini dan beberapa komponen yang sudah dibuka dan ga dipasang lagi oleh tuser lain

Saya pasang kembali komponen2 yang sebelumnya dicabut oleh tuser tersebut.
Setelah semua komponen terpasang,
Akhirnya saya coba nyalakan tv nya,dan terlihat lampu power hanya nyala sepersekian detik kmudian ga nyala2 lagi...
Selang beberapa detik,terlihat kepulan asap dari dari mesin,langsung aja steker saya cabut,takut jinnya keluar....hahahahahah.....!!!!
Coba raba2 komponen yg berasap tadi asalnya dari mana,ternyata itu berasal dari  R607 dan R601 (suply basis untuk horisontal),R750 (suply tegangan 5v yang menuju ke colector Q753) dan C756 sampai kembung karena over tegangan...
Jika Q755 saya cabut,R tersebut diatas tidak panas,wah....ini pasti ada yang short nih,pikirku......
Akhirnya pengetesan langsung tertuju pada ic crhoma dengan seri IXD067WJZZQ pada pin 89 (vdd 5v) saya pindahkan avometer pada skala busser,dan tempelkan pada ground dan pin yang satunya pada pin 89 ic tsbt,alhasil...avometer langsung berbunyi menandakan short.....😀😀😀
Coba cabut jumper 111 untuk memastikan bukan dikomponen lain yang short.setelah jumper terbuka,test lagi pin 89,ternyata masih berbunyi.
Dan akhirnya saya vonis jika ic crhoma lah yang short antara pin 89 (vdd 5v) dan ground....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA PIN IC LV76211

TIPS MEMPERBAIKI SHARP ALEXANDER SLIM 21INCH,GAMBAR GELAP

Tip memperbaiki tv sharp layar redup